DUNIA ISLAM

Ajarilah Anakmu Sebelum Engkau Menyesal Dikemudian Hari

Oleh : Aminuddin  | Wartawan

ABDUL Malik bin Marwan pernah berkata kepada anak-anaknya : “Aku telah mendi dikmu sebelum kamu dilahirkan.”

“Bagaimana ayah mendidik kami sebe lum kami dilahirkan?” Tanya anak-anaknya.

Abdul Malik lalu berkata, “Aku telah memilihkan untukmu calon ibu yang baik nasabnya, luhur budi pekertinya, yang mulia lagi terpandang.

Hal ini sesuai dengan hadits: “Pilihlah (wanita yang baik) untuk (menerima) nuthfahmu (air mani).”

Dari Jabir bin Samurah ra, diriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda:

“Sesungguhnya seseorang mendidik anaknya itu lebih baik daripada berse dekah satu sha’.” (HR Tirmidzi)

Pendidikan yang pertama kali harus diberikan kepada anak adalah dasar-dasar akidah dengan metode yang mu dah diterima dan tidak berbelit-belit.

Perdengarkanlah kepadanya kalimat syahadat dan tauhid. Berulang-ulang setiap hari sehingga meresap ke dalam hatinya

Bilamana usia anak sudah berumur 4-5 tahun, ajarilah mereka dengan akhlak utama seperti bersikap jujur dan mela rang mereka berbuat dusta, mencintai kedua orang tua dan sanak kerabat.

Baca Juga  Jagalah Iman Agar Tidak Luntur

Ajarkanlah kepada mereka akhlak ketika mereka sedang berjalan di depan umum. Juga diajarkan bagaimana seharusnya mereka bergaul dengan teman-teman nya.

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa hadiah terbesar yang diberikan orang tua kepada anaknya adalah pendidikan yang baik.

Rasuluah SAW juga berpesan agar orang tua memuliakan anak-anaknya dan mem perbaiki pendidikannya.

Cara memuliakannya adalah dengan mencintainya sewaktu kecil dan bersikap bersahabat ketika mereka sudah besar dan tidak mencampuri urusan khusus nya bila urusan itu bersifat lurus.

Dari sejak dini ajarilah anak membaca Al-Quran dan maknanya. Juga ajarilah me reka sunnah Rasul, sejarah Islam dan ba hasa agar mereka dapat berkata-kata dan berbahasa dengan baik menurut kemampuannya.

Baca Juga  Kebahagiaan Hadir Selalu Diawali dengan Ujian

Suatu ketika Harun Ar-Rasyid meme rintahkan putera-puteranya untuk menata sandal Sheikh Al-Kisai. Lalu Syeikh memberi isyarat kepada mereka agar membiarkan sandalnya.

Tetapi Harun Ar-Rasyid kemudian menghardik kedua puteranya seraya berkata, “Demi Allah, kalau mereka tidak menata sandalmu, wahai Syekh, niscaya akan kupukul mereka.”

Dengan demikian tampak jelaslah betapa pentingnya pendidikan anak sejak dini. Yang lebih penting lagi kedua orang tua harus memberi contoh teladan yang baik bagi mereka sebagaimana firman Allah SWT berikut ini :

‘ … dan ayah mereka adalah orang yang saleh …” (QS Al-Kahfi 82).

Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu Ab bas dari Nabi SAW, beliau telah bersab da: “Muliakanlah anak-anakmu dan be rilah pendidikan yang baik kepada mereka.” Wallahu a’lam bishshawab.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close