NEWS

PTBA Renovasi Total Musala Talang Abik

Pekan Depan Renovasi Rampung

RISALAH.ID – Musala Talang Abik di Desa Tanjung Agung, Muara Enim yang kondisinya memprihatinkan mendapat perhatian dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA). BUMN tambang batu bara tersebut menunjukkan kepeduliannya membantu merenovasi dan membangun kembali musala seluas 6 x 8 m2.

Musala Talang Abik yang terletak sekitar 11 km dari tepi jalan nasional Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera) dibangun warga tahun 1994. Setelah 26 tahun musala tersebut berdirinya kondisinya sangat memprihatinkan, atap yang bocor, dinding masjid dari papan yang rusak termakan rayap.

Rumah ibadah yang menjadi satu-satunya tempat warga beribadah, sebelum rubuh menjadi puing, warga pun berupaya untuk memperbaikinya dengan cara bergotong royong menghimpun dana seraya terus berdoa memohon ada donatur yang membantu rencana renovasi tersebut.

PTBA melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) berbagi kepedulian dengan membantu musala Talang Abik di Desa Tanjung Agung yang dihuni 130 kepala keluarga. PTBA menyalurkan dana bantuan renovasi musala sebesar Rp90 juta.  Renovasi pun dimulai sejak tiga pekan lalu.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan. Dalam pelaksanaan pembangunan, PTBA dibantu  jajaran Kodim 0404/ Muara Enim beserta masyarakat setempat,” kata Syamsuir Asisten Manajer Perencanaan dan Dokumentasi CSR PTBA, Jumat (2/10).

Baca Juga  MUI Ciamis: Shalat Id di Masjid dan Lapangan, yang Sakit dan Pemudik tak Usah Ikut

“Insya Allah pekan depan musala Talang Abik ini rampung dan siap difungsikan untuk warga Desa Tanjung Agung beribadah,” ujar Syamsuir yang didampingi Iko Gusman Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat PTBA.

Koordinator pembangunan musala Sertu Suroto didampingi Serda Budi Supriyanto dari Kodim 0404 Muara Enim menyampaikan terima kasih kepada PTBA yang telah bersinergi dengan Kodim 0404 untuk pelaksanaan renovasi pembangunan musala Talang Abik. “Pembangunan musala sudah  dikerjakan sejak tiga minggu lalu dan sekarang telah mencapai tahap untuk selanjutnya siap digunakan,” kata Suroto.

Sementara itu Kepala Dusun Talang Abik Sukadi menjelaskan bahwa musala Talang Abik dibangun pada tahun 1994 dan sejak saat itu sampai sekarang belum pernah dilakukan perbaikan.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari PTBA, warga kami bisa kembali memakmurkan musala  ini. Kami sampaikan terima kasih atas kepedulian PTBA dan kami berdoa semoga PTBA lebih maju, sehingga bantuan yang diberikan PTBA akan semakin bertambah, khususnya  bantuan  untuk dusun kami, Talang Abik,” kata Sukadi.

Baca Juga  Kabarkan Berita Gembira Kepada Saudaramu

Selain membantu membangun musala menurut Syamsuir, PTBA sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan berupa pembangunan jembatan senilai Rp200 juta, pemasangan lampu penerangan dan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 2.000 Watt senilai Rp 86 juta. “Semoga dengan kontribusi dan sinergi PTBA diharapkan desa Tanjung Agung dapat berkembang dan maju,” katanya.

Menurut Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat PTBA Iko Gusman dalam setiap program pemberdayakan masyarakat, perusahaan berupaya untuk selalu mengedepankan sinergitas dengan banyak pihak.

Seperti pada bantuan pembangunan mushala Talang Abik, PTBA melakukan sinergi dengan jajaran Kodim 0404 Muara Enim untuk mendukung nilai – nilai agamis dan religius di lingkungan masyarakat setempat. “Semoga musala ini  bermanfaat bagi masyarakat, menjadi sarana ibadah dan tempat silaturahmi bagi masyarakat Tanjung Agung,” katanya.

 

∎Maspril Aries

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close