RISALAH
  • Ta’aruf
    • RISALAH.ID
    • FDTI
    • Buku Syarah Rasmul Bayan
    • Kontak Kami
  • Materi Tarbiyah
    • Ushulul Islam (T1)
    • Ushulud Da’wah (T2)
    • Kurikulum FDTI
      • Kelas 1
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Kultum
        • Seminar
        • Taushiyah Pembina
      • Kelas 2
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Seminar
      • Kelas 3
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
      • Kelas 4
        • Mentoring
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
    • Akademi Tarbiyah Islamiyah
      • Materi Taklim
      • Materi Majelis Rohani
      • Materi Bina Wawasan
      • Materi Nadwah
    • Al-Arba’un An-Nawawiyah
  • Download
    • Buku Materi
    • Buku dan Materi Presentasi Bahasa Arab
      • Durusul Lughah Al-Arabiyah
      • PowerPoint Durusul Lughah Al-Arabiyah
    • Majalah
    • Power Point Materi Taklim
  • Donasi
Kategori
  • Akhbar Dauliyah (709)
  • Akhlak (64)
  • Al-Qur'an (50)
  • Aqidah (133)
  • Dakwah (26)
  • Fikrah (1)
  • Fikrul Islami (40)
  • Fiqih (120)
  • Fiqih Dakwah (68)
  • Gerakan Pembaharu (22)
  • Hadits (93)
  • Ibadah (12)
  • Kabar Umat (327)
  • Kaifa Ihtadaitu (6)
  • Keakhwatan (5)
  • Kisah Nabi (10)
  • Kisah Sahabat (3)
  • Masyarakat Muslim (13)
  • Materi Khutbah dan Ceramah (76)
  • Musthalah Hadits (3)
  • Rumah Tangga Muslim (6)
  • Sejarah Islam (158)
  • Senyum (2)
  • Taujihat (25)
  • Tazkiyah (42)
  • Tokoh Islam (14)
  • Ulumul Qur'an (7)
  • Wasathiyah (59)
0
2K
RISALAH
Subscribe
RISALAH
  • Ta’aruf
    • RISALAH.ID
    • FDTI
    • Buku Syarah Rasmul Bayan
    • Kontak Kami
  • Materi Tarbiyah
    • Ushulul Islam (T1)
    • Ushulud Da’wah (T2)
    • Kurikulum FDTI
      • Kelas 1
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Kultum
        • Seminar
        • Taushiyah Pembina
      • Kelas 2
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Seminar
      • Kelas 3
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
      • Kelas 4
        • Mentoring
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
    • Akademi Tarbiyah Islamiyah
      • Materi Taklim
      • Materi Majelis Rohani
      • Materi Bina Wawasan
      • Materi Nadwah
    • Al-Arba’un An-Nawawiyah
  • Download
    • Buku Materi
    • Buku dan Materi Presentasi Bahasa Arab
      • Durusul Lughah Al-Arabiyah
      • PowerPoint Durusul Lughah Al-Arabiyah
    • Majalah
    • Power Point Materi Taklim
  • Donasi
  • Fiqih

Berapakah Jumlah Takbir Shalat Id?

  • 21-04-2023
Berjalan ke Masjid

Oleh: Farid Nu’man Hasan

Masalah takbir zawaaid (tambahan) saat shalat hari raya ada beberapa pendapat ulama:

Pertama: 7 takbir rakaat pertama sudah termasuk takbiratul ihram, dan 5 takbir di rakaat kedua sudah termasuk takbir intiqal (perpindahan) saat bangun ruku’

Inilah pendapat Malikiyah dan Hanabilah, juga pendapat 7 ahli fiqih Madinah, Az Zuhri, dan Al Muzani. (Hasyiyah Al ‘Adawi ‘Alar Risaalah, 1/345, Bidayatul Mujtahid, 1/217, Al Ifshah, 1/116, Al Mughni, 2/380)

Dalil mereka adalah: Dari Amru bin Auf Al Muzani Radhiallahu ‘Anhu, katanya:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِي الْعِيدَيْنِ فِي الأُْولَى سَبْعًا قَبْل الْقِرَاءَةِ وَفِي الثَّانِيَةِ خَمْسًا قَبْل الْقِرَاءَةِ

Bahwasanya Nabi ﷺ  bertakbir pada shalat dua hari raya, di rakaat pertama 7 kali sebelum membaca Al Quran, dan di rakaat kedua 5 kali sebelum membaca Al Quran. (HR. At Tirmidzi No. 536, Ibnu Majah No. 1277. Imam At Tirmdzi berkata: “Hasan, dan ini hadits paling baik dalam bab ini.” Syaikh Al Albani menshahihkan dalam berbagai kitabnya)

Imam At Tirmidzi berkata: “Aku bertanya kepada Imam Bukhari tentang hadits ini, dia menjawab: “Ini hadits tershahih dalam bab ini, dan dengan hadits inilah aku berpendapat.” (Al Badrul Munir, 5/77)

Imam At Tirmidzi berkata: “Seperti ini jugalah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa dia shalat di Madinah seperti itu. Inilah amalan penduduk Madinah, pendapat Malik bin Anas, Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.” (Jaami’ At Tirmidzi, 2/416)

Sebagian ulama mendhaifkan hadits di atas,  Imam  Ibnul Mulaqin mengatakan bahw jamaah para ulama mengingkari penghasanan Imam At Tirmidiz,  sampai-sampai Ibnu Dihyah mentatakan: ini adalah haidts paling buruk yang ada dalam kitabnya (At Tirmidzi), sebab perawinya yaitu Katsir bin Abdillah, adalah tidak halal meriwayatkan darinya dimana para imam mengkritik keras dirinya, dan  Imam Asy Syafi’i mengatakan dia adalah tiang di antara tiang-tiang kedustaan. (Khulashah Al Badr Al Munir,  1/235)

Bahkan Imam Ahmad berkata: “Tidak ada satu pun yang shahih dalam masalah ini.” (Ibid)

Apa yang dikatakan Imam Ahmad seolah menjadi jawaban, kenapa begitu banyak pendapat dalam hal ini.

Kedua: 7 takbir rakaat pertama tidak termasuk takbiratul ihram, 5 takbir di rakaat ke dua tidak termasuk takbir intiqal.

Inilah pendapat Syafi’iyah. (Al Majmu’, 5/15, Al Mughni, 2/380-381)

Dalilnya adalah, dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, dia berkata:

كَانَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَبِّرُ فِي الْعِيدَيْنِ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ تَكْبِيرَةً سِوَى تَكْبِيرَةِ الاِفْتِتَاحِ

Dahulu Rasulullah ﷺ bertakbir dalam shalat dua hariraya sebanyak 12 kali, selain takbir pembuka. (HR. Abu Daud, 1/680. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Abu Ja’far Ath Thahawi berkata:

فذهب قوم إلى أن التكبير في صلاة العيدين كذلك واحتجوا في ذلك بهذا الحديث

Sekelompok kaum berpendapat bahwa takbir dalam shalat ‘idain adalah seperti itu, mereka berhujjah denganhadits ini. (Syarh Ma’ani Al Aatsar No. 6744)

Ketiga: 3 takbir di rakaat pertama, dan 3 takbir di rakaat kedua. Inilah pendapat Hanafiyah dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad.

Inilah pendapat Ibnu Mas’ud, Abu Musa Al Asy’ari, Hudzaifah bin Yaman, ‘Uqbah bin ‘Amir, Ibnuz Zubeir, Abu Mas’ud Al Badri, Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin, Sufyan Ats Tsauri, penduduk Kufah, dan satu riwayat dari Ibnu Abbas. (Al Binayah, 2/863-864, Bada’i Ash Shana’i, 1/277, Al Ifshah, 1/16, Al Majmu’, 5/20, Bidayatul Mujtahid, 1/217)

Pendapat ini barangkali  “asing” bagi kita di Indonesia.

Keempat: 5 takbir di rakaat pertama, dan 4 takbir di rakaat kedua. Inilah pendapat Abdullah bin Mas’ud, yaitu rakaat pertama 5 takbir sebelum membaca Al Quran, dan  rakaat kedua MEMBACA AL QURAN lalu takbir 4 kali sudah termasuk takbir ruku’. (Lihat Jaami’ At Tirmidzi, 2/416)

Ini juga pendapat Masruq bin Ajda, seorang tabi’in senior, murid Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu. (Al Mushannaf No. 5746, Ibnu Abi Syaibah)

Pendapat ini juga nampak  “asing” apalagi rakaat keduanya, baca Al Quran dulu (Al Fatihah dan Surat)  baru  kemudian takbir.

Dan masih banyak lagi. Imam Al ‘Ainiy mengatakan bahwa ada 19 pendapat tentang jumlah takbir zawaid saat shalat hari raya.

Menurutnya perbedaan ini kemungkinan disebabkan perbuatan Nabi ﷺ  juga berbeda dalam kondisi yang berbeda, lalu setiap sahabat Nabi meriwayatkannya dari Nabi, kemudian para tabi’in meriwayatkannya dari para sahabat. (Al Binayah, 2/867)

Ditambah lagi, perkataan Imam Ahmad bahwa tidak ada satu pun yang shahih dalam masalah takbir ini, sehiingga tidak ada pijakan yang benar-benar unggul dibanding lainnya.

Demikian. Wallahu a’lam

Total
0
Shares
Share 0
Tweet 0
Share 0
Share 0
Topik berkaitan
  • jumlah takbir shalat Id
  • takbir shalat Id
Risalah

Previous Article
muslimah
  • Fiqih

Fiqih Menyikapi Potensi Perbedaan Awal Idul Fitri 1444 H

  • 20-04-2023
View Post
Next Article
Cordova
  • Sejarah Islam

Pendiri Perpustakaan Umawiyah di Andalusia: Khalifah Al-Hakam Al-Mustanshir

  • 27-04-2023
View Post
Anda Mungkin Juga Menyukai
Yusuf Qaradawi
View Post
  • Fiqih
  • Ibadah

Masalah Keluarnya Wanita untuk Melaksanakan Shalat Tarawih

syuro e1586319486600
View Post
  • Fiqih
  • Wasathiyah

Fatwa Para Imam Ahlus Sunnah tentang Musyarakah (Berpartisipasi) dalam Pemerintahan Zhalim dan Non-Islami

Kitab kitab Hadits
View Post
  • Fiqih

Kritik Objektif Atau Sentimen Afiliasi?

muslimah
View Post
  • Fiqih

Adab-adab dan Sunnah Hari Raya Id

pexels konevi 2236674
View Post
  • Fiqih
  • Fikrah

Mendirikan Jamaah Dakwah?

9 muslim prayer low res
View Post
  • Fiqih
  • Hadits

Umur Umat Islam Tidak Sampai 1500 Tahun?

Ibn Baz Utsaimin
View Post
  • Fiqih

Fatwa Tentang Dakwah Parlemen

pemuda palestina
View Post
  • Fiqih

Jihad di Palestina Bukan Jihad Syar’i?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk Anda Para Pembina Umat!
Trending
  • IM Yordania 1
    • Akhbar Dauliyah
    Pernyataan IM Terkait Penangkapan Terbaru di Yordania
    • 24-04-2025
  • Shahifah Ukhuwah MUI scaled 2
    • Kabar Umat
    10 Butir Shahifah Ukhuwah: Komitmen MUI Bersama 62 Ormas Islam untuk Jaga Persatuan Bangsa
    • 24.04.25
  • Brigade Izzudin Al Qasam 3
    • Akhbar Dauliyah
    Siapa Lebih Dulu Tumbang: Penjajah Israel atau Hamas?
    • 26-04-2025
  • Langit Gaza 4
    • Akhbar Dauliyah
    Gaza: Medan Tempur yang Kian Membalikkan Keadaan
    • 26.04.25
  • Palestina 09102023 5
    • Akhbar Dauliyah
    Perang Siang Bolong: Al-Qassam Mengguncang Dominasi Penjajah israel di Gaza Utara
    • 27.04.25
  • Kebakaran Israel 6
    • Akhbar Dauliyah
    Kebakaran Besar Melanda Al-Quds Terjajah, Israel Minta Bantuan Internasional
    • 30.04.25

Forum Dakwah & Tarbiyah Islamiyah adalah Perkumpulan yang didirikan untuk menggalakan kegiatan dakwah dan pembinaan kepada masyarakat secara jelas, utuh, dan menyeluruh.

Forum ini berupaya menyampaikan dakwah dan tarbiyah Islamiyah kepada masyarakat melalui berbagai macam kegiatan dakwah.

Kegiatan dakwah FDTI dilandasi keyakinan bahwa peningkatan iman dan taqwa tidak mungkin dapat terwujud kecuali dengan melakukan aktivitas nasyrul hidayah (penyebaran petunjuk agama), nasyrul fikrah (penyebaran pemahaman agama), dan amar ma’ruf nahi munkar (mengajak kepada kebaikan dan melarang kemungkaran).

Tag
Afghanistan Al-Aqsha Arab Saudi Arbain Nawawiyah covid-19 Erdogan Gaza hadits arbain Hamas hizbullah Ikhwanul Muslimin india Irak Iran Israel Kemenag Lebanon Ma'rifatul Islam materi khutbah jum'at materi tarbiyah Mesir Muhammadiyah MUI Nahdlatul Ulama Pakistan Palestina Penjajah Israel Persis pks Qatar qawaidud da'wah Ramadhan rasmul bayan Rusia Saudi Arabia sirah nabawiyah Sudan Suriah Taliban Tunisia Turki ushulud da'wah ushulul Islam Wasathiyah Yaman
Komentar Terbaru
  • Dedeh Kurniasih pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • Ta’wil Sifat Allah Menurut Salaf - Rosail Store pada Salaf dan Takwil Sifat-sifat Allah
  • Risalah pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • Cahyo three pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • SYAHBUDIN HASYIM pada Downlod Gratis: 30 Materi Ceramah Ramadhan!
  • Risalah pada Mukadimah Sirah Nabawiyah
Menebar Hidayah ISLAM
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat Ketentuan
  • Sitemap

Input your search keywords and press Enter.