Pada dasarnya tidak boleh menyerahkan zakat dgn cara mengubah zakat uang, dengan barang-barang yang kita anggap bermanfaat bagi penerimanya. Sebab uang lebih bermanfaat, dan mustahiqlah yg lebih tahu apa yang dibutuhkan dirinya. KECUALI jika memang benar-benar sangat diperlukan dan beralasan (misal mustahiqnya tidak pandai memakai uang, hanya dibelikan rokok saja), maka boleh diserahkan dalam wujud barang, baik makanan dan lain-lain.
Syaikh Utsaimin Rahimahullah ditanya:
“هل يجوز تحويل مبلغ الزكاة إلى مواد عينية غذائية وغيرها فتوزع على الفقراء؟” .
Apakah boleh mengubah zakat menjadi barang2 kebutuhan pokok dan selainnya, lalu diberikan ke kaum fakir?
فأجاب :
” لا يجوز، الزكاة لا بد أن تدفع دراهم… “. انتهى
Jawaban:
Tidak boleh, zakat itu harus dibayar dengan dirham (uang).
(Al Liqa Asy Syahri, 12/41)
Beliau juga berkata:
” زكاة الدراهم لابد أن تكون دراهم ، ولا تخرج من أعيان أخرى إلا إذا وكلك الفقير فقال : إن جاءك لي دراهم فاشتر لي بها كذا وكذا ، فلا بأس … “. انتهى .
Zakat dirham harus dikeluarkan dalam bentuk dirham, tidak boleh dalam bentuk materi lain, KECUALI jika anda menjadi wakil orang fakir (mustahiq), dan berkata: “Jika anda membawa dirham (bayar zakat), BELIKANLAH ini dan ini, .. begini tidak masalah.” (Majmu’Fatawa wa Rasail, 18/303)
Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:
إذا كان هناك فقير معين ، يحتاج إما إلى دواء أو غذاء ، أو نحو ذلك من احتياجاته ، ويعلم أنه سيترتب على صرف الزكاة له نقوداً مفسدة واضحة ، أو كانت المصلحة تقتضي عدم إعطاء ذلك الفقير النقود ، ففي هذه الحال أجاز بعض العلماء صرفها له مواد عينية بدلاً من النقود .
Jika ada org fakir tertentu yg butuh obat atau makanan, atau kebutuhan lainnya, dan diketahui bahwa jika dia dizakati dgn uang akan merusak uangnya scr jelas, dalam keadaan seperti ini sebagian ulama MEMBOLEHKAN MENGGANTI UANG DENGAN BARANG-BARANG.
Beliau juga berkata:
والخلاصة : أن إخراج السلع والمواد العينية بدلا من زكاة المال لا تجوز ولا تجزئ ، إلا إذا وجدت الحاجة والمصلحة الداعية لذلك .
Kesimpulan: mengeluarkan barang atau materi untuk mengganti zakat mal adalah TIDAK BOLEH dan TIDAK SAH, KECUALI jika anda dapatkan adanya keperluan untuk itu, dan adanya maslahat yang mengharuskannya. (Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 138684)
Demikian. Wallahu a’lam.