Oleh: Ust. Farid Nu’man Hasan
Shalawat yang paling utama, tentu yang ma’tsur yaitu yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ajarkan. Ini tidak ada perselisihan pendapat, semua ulama sepakat. Tetapi bukan itu pembahasan kita.
Namun apakah shalawat dengan susunan kalimat buatan sendiri selain dari Sunnah, lantas terlarang dan bid’ah?
Shalawat dengan susunan BUKAN DARI SUNNAH NABI (Ghairu Ma’tsur), sudah dikenal di masa sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in. Tidak seorang pun mengingkari hal itu. Bahkan kalimat shalawat yang sangat terkenal di lisan semua umat Islam dan tertera dalam kitab-kitab ulama seperti:
– Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
– Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘ala Aalihi Wa Sallam
– ‘Alaihi Shalatu wa Sallam
– Shalawatullah wa Salamuhu ‘Alaih, dll, … semua redaksi kalimat ini adalah susunan yang tidak ada dalam sunnah.
Dalam kumpulan fatwa Lajnah Daimah (Kerajaan Arab Saudi), selalu dalam fatwa-fatwa mereka di akhir dengan kalimat:
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Wa Billahit Taufiq, wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa Aalihi wa Shahbihi wa Sallam
Susunan Shalawat dengan kalimat seperti ini juga tidak ada dalam sunnah, para ulama yang menyusun fatwa-fatwa tersebut (Syaikh Bin Baaz dan murid-muridnya) tidak mempermasalahkannya.
Para salaf pun menyusun kalimat shalawat sendiri. Berikut ini beberapa contoh:
1. Shalawat Susunan Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma
وعن ابن عباس – رضي الله عنهما – أنه كان إذا صلى على النبي – صلى الله عليه وسلم – قال اللهم تقبل شفاعة محمد الكبري وأرفع درجته العليا وأعطه سؤله في الآخرة والأولى كما أتيت إبراهيم وموسى رواه عبد بن حميد في مسنده وعبد الزاق وإسماعيل القاضي وإسناده جيد ، قوي صحيح.
Dari Ibnu Abas Radhiallahu ‘anhuma apabila dia membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau berkata, ”Allahumma taqabbal syafa’atu Muhammad alKubra warfa’ darajatahu al ‘ulya wa a’thihhi su’lahu fil akhirah wal ula kama aatita Ibrahim wa Musa.” Ya Allah kabulkanlah syafaat Muhammad yang agung, tinggikanlah derajatnya yang luhur, dan berilah permohonanya di dunia dan akhirat sebagaimana Engkau kabulkan permohonan Ibrahim dan Musa”
Diriwayatkan oleh Abdu bin Humaid dalam Musnadnya dan Abdurazzaq dan Ismail Al Qadhi, dengan sanad jayyid, qawwiy shahih. (Al Hafizh As Sakhawi, Al Qaul Al Badi’, hal. 55)
2. Shalawat susunan Imam Hasan Al Bashri
Al Hafizh As Sakhawi –dia murid Imam Ibnu Hajar- berkata:
وعن الحسن ، هو البصري أنه كان إذا صلى على النبي – صلى الله عليه وسلم – يقول اللهم أجعل صلواتك وبركاتك على آل محمد كما جعلتها على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Dari Al-Hasan (yaitu Hasan al Bashri), jika dia SHALAWAT kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dia membaca: “Allahumaj’al shalawatika wa barakatika ‘ala aali Muhammad kama ja’Altaha ‘ala aali Ibrahim innaka Hamidun Majid.”
Imam Hasan Al Bashri berkata:
من أراد أن يشرب بالكأس الأوفى من حوض المصطفى فليقل اللهم صل على محمد وعلى آله وأصحابه وأولاده وأزواجه وذريته وأهل بيته واصهاره وأنصاره وأشياعه ومحبيه وأمته وعلينا معهم أجمعين يا أرحم الراحمين
Siapa yang ingin minum dengan gelas yang sempurna di telaganya Al Mushthafa (Rasulullah), maka bacalah: “Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa ‘Ala Aalihi wa Ashhabihi wa Awladihi wa Azwajihi wa Dzurriyatihi wa Ahli Baitihi wa Ashharihi wa Ansharihi wa Asysya’ihi wa Muhibbihi wa Ummatihi wa ‘Alaina Ma’ahum ajma’in ya yaa arhamar raahimiin.” (Al Hafizh Al Imam As Sakhawi, Al Qaul Al Badi’, Hal. 55)
3. Shalawat susunan Imam Asy Syafi’i
Imam Ibnul Qayyim berkata:
وَقَالَ عبد الله بن عبد الحكم رَأَيْت الشَّافِعِي رَحمَه الله فِي النّوم فَقلت مَا فعل الله بك قَالَ رحمني وَغفر لي وزفني إِلَى الْجنَّة كَمَا يزف بالعروس ونثر عَليّ كَمَا ينثر على الْعَرُوس فَقلت بِمَ بلغت هَذِه الْحَال فَقَالَ لي قَائِل يَقُول لَك بِمَا فِي كتاب الرسَالَة من الصَّلَاة على النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قلت فَكيف ذَلِك قَالَ وَصلى الله على مُحَمَّد عدد مَا ذكره الذاكرون وَعدد مَا غفل عَن ذكره الغافلون قَالَ فَلَمَّا اصبحت نظرت إِلَى الرسَالَة فَوجدت الْأَمر كَمَا رَأَيْت النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم
Abdullah bin Al Hakam berkata: Aku bermimpi melihat Asy Syafi’i rahimahullah, aku berkata: “Apa yang Allah perbuat kepadamu?” Beliau menjawab: “Dia merahmatiku, mengampuniku, dan menyiapkanku ke surga seperti pengantin dalam pesta pernikahan, aku bertanya karena apa aku sampai derajat ini?” Ada yang menjawab: “Karena shalawatmu kepada nabi dalam kitab Ar Risalah.” Aku bertanya: “Bagaimana itu?” Dia menjawab: “Shallallahu ‘ala Muhammad ‘Adada Maa dzakarahu adz dzakirun wa ‘adada maa ghafala ‘an dzikrihi al ghafilun.” Abdullah bin al Hakam berkata: “Paginya aku lihat kitab risalah dan aku temukan seperti yang aku lihat dari Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam.” (Jalaa’ul Afham, hal. 412)
Dan masih banyak lagi contoh dari kalangan salaf.
Ini menunjukkan tidak masalah dan bukan bid’ah shalawat susunan sendiri selama: tidak ada kalimat yang melanggar syariat dan tidak dianggap sebagai sunnah nabi. Maka, shalawat susunan ulama baik shalawat Asyghil, Munjiyat, Nariyah, Thibul Qulub, adalah tidak masalah, dengan syarat jika kalimatnya aman dari hal yang melanggar dan tidak menganggapnya sebagai sunnah nabi disaat membacanya.
Demikian. Wallahu A’lam