Oleh: Farid Nu’man Hasan
Tidak ada larangan berqurban dengan cara berhutang, baik larangan dalam Al Quran dan As Sunnah. Justru hal itu pernah dilakukan oleh sebagian salaf seperti yang tertera dalam Tafsir Ibnu Katsir berikut:
وقال سفيان الثوري: كان أبو حاتم يستدين ويسوق البُدْن، فقيل له: تستدين وتسوق البدن؟ فقال: إني سمعت الله يقول: { لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ }
Berkata Sufyan Ats Tsauri: Dahulu Abu Hatim berhutang untuk membeli unta qurban, lalu ada yang bertanya kepadanya: “Anda berhutang untuk membeli unta?” Beliau menjawab: Saya mendengar Allah Ta’ala berfirman: Kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya (unta-unta kurban tersebut).” (QS. Al Hajj: 36). (Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, 5/426)
Namun kebolehan ini tentunya bersyarat, yakni:
Pertama: Ketika dia berhutang mesti dalam keadaan yakin mampu membayarnya, dan tidak menambah beban hutang lama yang belum dilunasi pula.
Imam Khatib asy Syarbini mengatakan:
إنما يجوز الاقتراض لمن علم من نفسه القدرة على الوفاء إلا أن يعلم المقرض أنه عاجز عن الوفاء
Bolehnya berhutang adalah bagi yang tahu mampu membayarnya, kecuali orang yang berhutang tahu bahwa dia tidak mampu membayarnya. (Mughni al Muhtaj, 3/30)
Kedua: Sistem hutang tersebut tidak mengandung unsur yang haram semisal riba.
Demikian. Wallahu A’lam