Disunnahkan bagi setiap muslim untuk membiasakan shalat sunnah bersama dengan shalat wajib lima waktu, sebagaimana yang pernah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan.
Dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami –radhiallahu anhu– dia berkata,
كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِي سَلْ فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ قَالَ أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ قُلْتُ هُوَ ذَاكَ قَالَ فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ
“Saya bermalam bersama Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam, lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya. Maka beliau bersabda kepadaku, ‘Mintalah kepadaku.’ Maka aku berkata, ‘Aku meminta kepadamu agar aku menjadi teman dekatmu di surga.’ Nabi bersabda, ‘Ada permintaan yang lain?’. Aku menjawab, ‘Itu saja.’ Maka beliau menjawab, ‘Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud.’ (HR. Muslim no. 489)
وعن أُم المؤمنين أم حَبيبة بنتِ أبي سُفيان رَضي الله عنها قالَت: سمعتُ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم يقول: مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّيْ لِلَّهِ تَعَالَى فِي كُلِّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيْضَةٍ إِلَّا بَنَى اللهُ لَهُ بَـــــيْتًا فِيْ الـْجَنَّةِ »، رواه مسلم.
Dari Ummul mukminin, Ummu Habibah binti Abu Sufyan radhiyallahu ‘anha berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tidak ada seorang hamba muslim yang shalat karena Allah setiap hari dua belas rakaat sebagai tathawwu’ (tambahan kebaikan) selain shalat fardhu, kecuali Allah akan bangunkan untuknya rumah di surga.’” (HR Muslim).
Shalat sunnah rawatib yang menyertai shalat lima waktu itu ialah:
Pertama, shalat sunnah Fajar, dua rakaat dengan agak cepat, sebelum shalat fardhu, dan bisa diqadha jika terlewatkan. Seperti dalam hadits Imran bin Hushain, yang diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim.
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ أخرجه الشيخان
Dari ‘Aisyah, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan satu pun shalat sunnah secara berkesinambungan melebihi dua rakaat (shalat rawatib) Subuh.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabada,
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua rakaat sunnah fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725), hukumnya sunnah muakkadah mendekati wajib.
Kedua, sunnah Zhuhur; yaitu empat rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sesudahnya, ini sumber yang paling shahih, seperti dijelaskan dalam hadits berikut,
عَنْ عَبْدِالله بْنِ شَقِيقٍ قالَ: سَألْتُ عَائِشَةَ عَنْ صَلاةِ رَسُولِ الله صلى الله عليه وسلم، عَنْ تَطَوُّعِهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَتْ: كَانَ يُصَلِّي فِي بَيْتِي قَبْلَ الظُّهْرِ أرْبَعاً، ثُمَّ يَخْرُجُ فَيُصَلِّي بِالنَّاسِ، ثُمَّ يَدْخُلُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ. رواه مسلم وتؤيده أحاديث البخاري
Dari Abdullah bin Syaqiq, ia berkata: “Saya bertanya kepada Aisyah tentang shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yakni tentang shalat tathawwunya beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Aisyah menjawab, ‘Beliau saw shalat di rumahku empat rakaat sebelum zhuhur, kemudian keluar shalat dengan kaum muslimin, lalu masuk kembali dan shalat dua rakaat…’ “ (HR. Muslim, dikuatkan oleh hadits Al Bukhariy).
Bisa juga dengan dua rakaat sebelum dan sesudahnya,
وَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ : ( حَفِظْتُ مِنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عَشْرَ رَكَعَاتٍ : رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ اَلظُّهْرِ , وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا , وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اَلْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ , وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اَلْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ , وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ اَلصُّبْحِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةٍ لَهُمَا : ( وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اَلْجُمْعَةِ فِي بَيْتِهِ )
Dari Ibnu Abbas: “Aku menghafal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sepuluh rakaat; dua rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib di rumahnya, dua rakaat sesudah isya di rumahnya, dua rakaat sebelum shubuh.” (Muttafaqun ‘Alaihi, dalam riwayat lain: ‘…dua raka’at setelah Jum’at di rumahnya.’)
Atau empat rakaat sebelum dan sesudahnya. Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, ia berkata : Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,
مَنْ رَكَعَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعًا بَعْدَهَا حَرَّمَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَحْمَهُ عَلَى النَّارِ
“Barang siapa Shalat empat rakaat sebelum dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkan dagingnya dari api neraka (HR. An-Nasaa’i)
Ketiga, sunnah Ashar, dua rakaat seperti yang diriwayatkan hadits berikut,
عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلَام أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ
Dari Ali ‘alaihi salam, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengerjakan shalat (sunnah) dua raka’at sebelum Ashar.” (HR. Abu Daud : 1080)
Atau empat rakaat, seperti yang diriwayatkan hadits berikut,
عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا
Dari Ibnu Umar dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Semoga Allah merahmati seseorang yang mengerjakan shalat (sunnah) empat raka’at sebelum Ashar.” (HR. Abu Daud : 1079)
Keempat, sunnah Maghrib; yaitu dua rakaat sesudah shalat fardhu, hukumnya sunnah muakkadah, seperti riwayat Al Bukhari dan Muslim,
حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ رَكَعَاتٍ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ
“Aku menghafal sesuatu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berupa shalat sunnat sepuluh raka’at yaitu; dua raka’at sebelum shalat zuhur, dua raka’at sesudahnya, dua raka’at sesudah shalat maghrib di rumah beliau, dua raka’at sesudah shalat isya’ di rumah beliau, dan dua raka’at sebelum shalat subuh.” (HR. Al-Bukhari no. 937, 1165, 1173, 1180 dan Muslim no. 729)
Adapun dua rakaat sebelumnya sunnah bagi yang mau mengamalkannya seperti riwayat Asy Syaikhani (Al Bukhari dan Muslim),
صَلُّوا قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ – قَالَ فِى الثَّالِثَةِ – لِمَنْ شَاءَ كَرَاهِيَةَ أَنْ يَتَّخِذَهَا النَّاسُ سُنَّةً
“Shalat sunnahlah sebelum Maghrib.”, beliau mengulangnya sampai tiga kali dan mengucapkan pada ucapan ketiga, “Bagi siapa yang mau, karena dikhawatirkan hal ini dijadikan sunnah.” (HR. Bukhari no. 1183).
Dari Anas bin Malik, ia berkata,
كُنَّا بِالْمَدِينَةِ فَإِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ لِصَلاَةِ الْمَغْرِبِ ابْتَدَرُوا السَّوَارِىَ فَيَرْكَعُونَ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ الْغَرِيبَ لَيَدْخُلُ الْمَسْجِدَ فَيَحْسِبُ أَنَّ الصَّلاَةَ قَدْ صُلِّيَتْ مِنْ كَثْرَةِ مَنْ يُصَلِّيهِمَا
“Dahulu ketika kami berada di Madinah, ketika muadzin mengumandangkan adzan Maghrib, mereka langsung saling berlomba untuk melakukan shalat dua raka’at dan dua raka’at. Sampai-sampai jika ada orang asing yang masuk dalam masjid, ia akan menyangka bahwa shalat Maghrib sudah dilaksanakkan karena saking banyaknya orang yang melakukan shalat dua raka’at tersebut.” (HR. Muslim no. 837), demikianlah madzhab Syafi’i dan Hanbali.
Kelima, sunnah Isya’; dua rakaat sesudah shalat fardhu (lihat riwayat Al Bukhari dan Muslim pada point 4)
Dua rakaat sebelumnya sunnah bagi yang mau melakukannya, inilah madzhab Syafi’i. Berdasarkan keumuman dalil hadits berikut,
بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ، قَالَهَا ثَلَاثًا، قَالَ فِي الثَّالِثَةِ: لِمَنْ شَاءَ
“Diantara dua adzan (adzan dan iqomat) terdapat shalat”, Nabi mengucapkannya 3 kali, dan pada uacapan yang ketiga beliau menambahkan “bagi yang menghendaki”. (Shahih Muslim, no.838)
Sedang menurut madzhab Hanafi sunnah Isya’ itu empat rakaat sebelumnya dan empat rakaat sesudahnya.
Jumlah empat rakaat sebelum Isya mungkin berdasarkan keumuman dalil hadits Muslim No. 838 di atas yang tidak menyebutkan jumlah rakaat. Adapun dalil pelaksanaan 4 rakaat setelah isya adalah hadits berikut,
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: ” بِتُّ فِي بَيْتِ خَالَتِي مَيْمُونَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا فِي لَيْلَتِهَا، فَصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ، ثُمَّ جَاءَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ نَامَ، ثُمَّ قَامَ، ثُمَّ قَالَ: نَامَ الْغُلَيِّمُ أَوْ كَلِمَةً تُشْبِهُهَا، ثُمَّ قَامَ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ، فَصَلَّى خَمْسَ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ نَامَ حَتَّى سَمِعْتُ غَطِيطَهُ أَوْ خَطِيطَهُ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ “
Dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Aku pernah menginap di rumah bibiku, Maimunah bin Al-Harits, istri Nabi shallallaahu ’alaihi wa sallam; dan ketika itu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berada di rumah bibi saya itu. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat ‘Isya’ (di masjid), kemudian beliau pulang, lalu beliau mengerjakan shalat sunnah empat raka’at. Setelah itu beliau tidur, lalu beliau bangun dan bertanya : ‘Apakah anak laki-laki itu (Ibnu ‘Abbas) sudah tidur ?’ – atau beliau mengucapkan kalimat yang semakna dengan itu. Kemudian beliau berdiri untuk melakukan shalat, lalu aku berdiri di sebelah kiri beliau untuk bermakmum. Akan tetapi kemudian beliau menjadikanku berposisi di sebelah kanan beliau. Beliau shalat lima raka’at, kemudian shalat lagi dua raka’at, kemudian beliau tidur. Aku mendengar suara dengkurannya yang samar-samar. Tidak berapa lama kemudian beliau bangun, lalu pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat shubuh” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 117).