RISALAH
  • Ta’aruf
    • RISALAH.ID
    • FDTI
    • Buku Syarah Rasmul Bayan
    • Kontak Kami
  • Materi Tarbiyah
    • Ushulul Islam (T1)
    • Ushulud Da’wah (T2)
    • Kurikulum FDTI
      • Kelas 1
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Kultum
        • Seminar
        • Taushiyah Pembina
      • Kelas 2
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Seminar
      • Kelas 3
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
      • Kelas 4
        • Mentoring
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
    • Akademi Tarbiyah Islamiyah
      • Materi Taklim
      • Materi Majelis Rohani
      • Materi Bina Wawasan
      • Materi Nadwah
    • Al-Arba’un An-Nawawiyah
  • Download
    • Buku Materi
    • Buku dan Materi Presentasi Bahasa Arab
      • Durusul Lughah Al-Arabiyah
      • PowerPoint Durusul Lughah Al-Arabiyah
    • Majalah
    • Power Point Materi Taklim
  • Donasi
Kategori
  • Akhbar Dauliyah (710)
  • Akhlak (64)
  • Al-Qur'an (50)
  • Aqidah (133)
  • Dakwah (26)
  • Fikrah (1)
  • Fikrul Islami (40)
  • Fiqih (120)
  • Fiqih Dakwah (68)
  • Gerakan Pembaharu (22)
  • Hadits (93)
  • Ibadah (12)
  • Kabar Umat (327)
  • Kaifa Ihtadaitu (6)
  • Keakhwatan (5)
  • Kisah Nabi (10)
  • Kisah Sahabat (3)
  • Masyarakat Muslim (13)
  • Materi Khutbah dan Ceramah (76)
  • Musthalah Hadits (3)
  • Rumah Tangga Muslim (6)
  • Sejarah Islam (158)
  • Senyum (2)
  • Taujihat (25)
  • Tazkiyah (42)
  • Tokoh Islam (14)
  • Ulumul Qur'an (7)
  • Wasathiyah (59)
0
2K
RISALAH
Subscribe
RISALAH
  • Ta’aruf
    • RISALAH.ID
    • FDTI
    • Buku Syarah Rasmul Bayan
    • Kontak Kami
  • Materi Tarbiyah
    • Ushulul Islam (T1)
    • Ushulud Da’wah (T2)
    • Kurikulum FDTI
      • Kelas 1
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Kultum
        • Seminar
        • Taushiyah Pembina
      • Kelas 2
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Bina Wawasan
        • Seminar
      • Kelas 3
        • Mentoring
        • Penugasan
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
      • Kelas 4
        • Mentoring
        • Majelis Rohani
        • Seminar
        • Diskusi Wawasan Islam
    • Akademi Tarbiyah Islamiyah
      • Materi Taklim
      • Materi Majelis Rohani
      • Materi Bina Wawasan
      • Materi Nadwah
    • Al-Arba’un An-Nawawiyah
  • Download
    • Buku Materi
    • Buku dan Materi Presentasi Bahasa Arab
      • Durusul Lughah Al-Arabiyah
      • PowerPoint Durusul Lughah Al-Arabiyah
    • Majalah
    • Power Point Materi Taklim
  • Donasi
  • Fiqih

Tajdid Kontemporer dan Relevansi Bermazhab (Bag. 5)

  • 05-07-2022
Kitab Para Ulama

Oleh: Taufik M. Yusuf Njong

(Ijtihad Parsial dan Ijtihad Kolektif)

Menurut Syeikh Al-Qaradawi,[1] Hujjatul Islam Abu Hamid Al-Ghazali adalah orang pertama yang menyinggung tentang adanya ijtihad parsial sebagaimana beliau jelaskan dalam Al-Mushthasfa-nya. Jadi, penguasaan delapan disiplin ilmu yang menjadi syarat ijtihad yang beliau sebutkan dalam Al-Mushthasfa sebenarnya hanya berlaku (menjadi syarat) untuk Mujtahid Mutlak.[2] Adapun selain Mujtahid Mutlak (mujtahid parsial) maka tidak diwajibkan baginya untuk menguasai delapan disiplin ilmu tersebut. Catatan penting lainnya, Imam Al-Ghazali juga banyak meringankan syarat minimal pengetahuan delapan disiplin ilmu tersebut oleh seorang Mujtahid.

Di era kontemporer, Syeikh Muhammad Abduh dan kemudian diikuti oleh murid-muridnya termasuk Grand Syeikh Al-Azhar Syeikh Muhammad Musthafa Al-Maraghi adalah para ulama yang paling lantang dalam menyerukan ijtihad (parsial). Sampai Syeikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi dalam Allamazhabiyah-nya” ‘menyimpulkan’ bahwa Syeikh Al-Maraghi membolehkan orang yang tidak mengetahui bahasa arab untuk menjadi seorang mujtahid.[3] Syeikh Al-Buthi dalam hal ini mengikuti Syeikhul Islam terakhir kekhalifahan Turki Utsmani, Al-‘Allamah Syeikh Musthafa Shabri dalam kitabnya Mauqif Al-‘Aql Wa Al-‘Ilm yang memahami tulisan Syeikh Al-Maraghi dalam maqalah beliau tentang Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim Wa Ahkamiha sebagai pembolehan seorang menjadi mujtahid tanpa menguasai bahasa Arab.

Maqalah tersebut sebenarnya ditulis oleh Syeikh Al-Maraghi dalam surat kabar As-Siyasah Al-Usbu’iyah pada tahun 1932 untuk menjelaskan bolehnya menerjemahkan Al-Quran ke dalam bahasa non-arab yang pada saat itu ditentang oleh banyak ulama termasuk oleh Syeikh Musthafa Shabri. Dan alhamdulillah di era kontemporer, pendapat ini justru menjadi pendapat yang dipilih oleh banyak ulama.

Jika kita merujuk ke Bahs Fi Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim yang kemudian di cetak oleh Mathba’ah Ar-Raghaib, Juni 1936, atau ke kitab Mas_alah Tarjamah Al-Qur’an karya Syeikh Musthafa Shabri yang khusus membahas penolakan beliau terhadap penerjemahan Al-Qur’an, akan lebih jelas bahwa Syeikh Al-Maraghi tidak pernah mengatakan dengan jelas bahwa seorang mujtahid tidak harus menguasai bahasa Arab. Namun hal tersebut lebih ke asumsi pribadi Syeikh Musthafa Shabri, wallahu A’lam.

Syeikh Al-Maraghi hanya mengatakan bahwa seseorang bisa saja memahami sebuah hukum dari makna terjemahan Al-Qur’an yang merupakan madlulat lafaz-lafaz berbahasa Arab. Ungkapan inilah yang kemudian disimpulkan oleh Syeikh Musthafa Shabri bahwa Syeikh Al-Maraghi bermaksud bahwa orang yang tidak bisa berbahasa Arab (mengandalkan terjemahan) boleh berijtihad.[4] Padahal, Syeikh Al-Maraghi hanya bermaksud—wallahu a’lam—menjelaskan bahwa sebagian ayat-ayat Al-Qur’an yang terjemahannya mewakili ungkapan dalam bahasa Arab bisa saja dipahami maksud dan hukumnya. Contohnya? Ayat ketiga dalam surat Al-Maidah “..Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah…..” adalah pernyataan yang jelas yang bisa dipahami bahwa itu adalah pengharaman memakan bangkai, dan seterusnya, meskipun ada beberapa takhshih atau pengecualian dalam hal ini.

Sejatinya, Syeikh Al-Maraghi tidak pernah secara jelas mengatakan bahwa seorang mujtahid tidak diharuskan menguasai bahasa arab. Hal itu tidak pernah beliau tulis dalam karya-karyanya, wallahu a’lam.

Bahkan sebaliknya, dalam kitabnya Al-Ijtihad Fil Islam beliau justeru menegaskan bahwa seorang mujtahid harus mengetahui bahasa Arab dan nahwu hingga ia memahami khithab orang Arab.[5]  Hal lain yang mendukung bahwa Syeikh Al-Maraghi tidak bermaksud membolehkan orang yang tidak menguasai bahasa Arab untuk berijtihad adalah pernyataan beliau sendiri dalam Bahs Fi Tarjamah Al-Qur’an Wa Ahkamiha bahwa ketika terdapat perbedaan antara satu terjemahan dengan yang lain, beliau mewajibkan untuk kembali kepada Al-Qur’an resmi yang berbahasa Arab.[6]  ‘Ala kulli hal, kritik dari Syeikh Musthafa Shabri terhadap ungkapan Syeikh Al-Maraghi yang samar bisa jadi memang benar. Namun, ungkapan yang jelas harusnya bisa menjadi penafsir terhadap ungkapan yang samar.

*****

Keringanan dalam menguasai delapan disiplin ilmu yang menjadi syarat ijtihad sebagaimana disebutkan oleh Imam Ghazali juga menjadi pintu gerbang lahirnya ijtihad jama’I (kolektif) di era kontemporer. Al-‘Allamah Syeikh Wahbah Az-Zuhaili bahkan tidak mensyaratkan mereka yang melakukan ijtihad kolektif harus sampai (semuanya) pada level mujtahid dan seperti itulah realitanya yang terjadi di banyak Majma’-Majma’ Fiqhiyah kontemporer.[7]

Menurut Syeikh Az-Zuhaili ijtihad kolektif di era kontemporer bukan hanya disyariatkan, tapi juga merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendesak.

Nadhatul Ulama (NU) sendiri yang mengharuskan ‘taqlid qauli’ pada mazhab-mazhab fiqih mu’tabar, sejak Munas Alim Ulama NU tahun 1992 di Lampung sudah memberikan alternatif bolehnya taqlid manhaji (metodologis). Langkah terakhir ini telah menawarkan keabsahan satu bentuk istinbat jama’i (ijtihad kolektif diantara para ulama) sebagai salah satu sistem penetapan hukum jika mengalami kebuntuan dalam menetapkan hukum sebuah masalah melalui pendekatan tekstual.[8]

Diantara ulama kontemporer yang menyerukan ijtihad jama’i’ adalah Grand Syeikh Al-Azhar saat ini Al-Imam Al-Akbar Syeikh Ahmad Thayyib.[9] Syeikh Al-Buthi sendiri yang paling getol menyerang para mujtahid gadungan adalah termasuk ulama yang mendukung ijtihad kolektif melalui Majma’-Majma’ Fiqih yang telah memberikan banyak solusi dalam permasalahan-permasalahan kontemporer terutama yang menyangkut dengan akad dan ekonomi secara umum.[10]

Sejatinya, menjamurnya percetakan sejak lebih dari seabad lalu telah memudahkan ijtihad di zaman kontemporer dibandingkan zaman-zaman sebelumnya dimana para ulama mendapatkan banyak kesulitan untuk mendapatkan kitab-kitab tertentu atau dalam mencari sebuah hadits. Hal ini juga didukung oleh ditahqiqnya banyak kitab yang sebelumnya hanya berbentuk manuskrip dan tersimpan di banyak perpustakaan-perpustakaan Eropa. Belum lagi dengan adanya komputer dan aplikasi-aplikasi lain yang memudahkan menyimpan kitab atau mencari hadis dsb. Syeikh Al-Maraghi bahkan mengklaim bahwa banyak ulama-ulama Al-Azhar dizamannya yang sudah sampai pada level mujtahid dan tidak boleh lagi bertaqlid.[11]

Syeikh Wahbah Az-Zuhaili mencatat beberapa ulama mujaddid dan mujtahid di abad ke 20 diantaranya adalah Syeikh Muhammad Musthafa Al-Maraghi, Syeikh Mahmud Syaltut, Syeikh Abdul Wahhab Khalaf, Syeikh Ali Al-Khafif, Syeikh Muhammad Abu Zahrah, Syeikh Musthafa Ahmad Az-Zarqa dan lain-lain.[12] Ijtihad dan tajdid mustahil mandeg selama kehidupan terus berjalan dan manusia terus melakukan aktifitasnya serta menanyakan hukum dari problematika yang mereka hadapi kepada para fuqoha.

Wallahu A’lam.

Catatan Kaki:

[1] Al-Qaradawi, Al-Ijtihad Fi As-Syari’ah Al-Islamiyah, Hal: 59, Cet 1 Dar El-Qalam, Kuwait, Tahun 1996.

[2] Al-Ghazali, Al-Mushthasfa, hal: 644, Cet Dar Almaiman, Saudi.

[3] Al-Buthi, Al-Lamazhabiyah Akhthar Bid’ah Tuhaddid As-Syari’ah Al-Islamiyah, hal: 130, Cet Dar Al-Farabi, Tahun 2005.

[4] Musthafa Shabri, Mas_alah Tarjamah Al-Qur’an, hal 11, Cet Mathba’ah As-Salafiyah, Kairo, Tahun 1932.

[5] Al-Maraghi, Al-Ijtihad Fi Al-Islam, hal 17, Cet Maktabah Al-Fann tahun 1959.

[6] Al-Maraghi, Bahs Fi Tarjamah Al-Qur’an Wa Ahkamiha, Hal 12, Cet Mathba’ah Ar-Raghaib, tahun 1936.

[7] Wahbah Az-Zuhaili, Qadhaya Al-Fiqh Wa Al-Fikr Al-Mu’ashir, Juz 2, Hal: 51, Cet Dar Elfikr, Damaskus, Tahun 2012.

[8] Said Aqil Siroj, Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, Hal 69, Cet 1 Mizan, tahun 2006.

[9] Ahmad Thayyib, Al-Qaul At-Thayyib, Juz 1, hal 201, Cet 1 Dar Al-Hokama, tahun 2021.

[10] Al-Buthi, Qadhaya Fiqhiyah Mu’ashirah, Juz 2, Hal 11 dst. Cet 1, Maktabah Al-Farabi, Suriah, Tahun 1999.

[11] Al-Qaradawi, Al-Ijtihad Fi As-Syari’ah Al-Islamiyah, Hal 109 dst.

[12] Wahbah Az-Zuhaili, Qadhaya Al-Fiqh Wa Al-Fikr Al-Mu’ashir, Juz 3, Hal 46.

Total
0
Shares
Share 0
Tweet 0
Share 0
Share 0
Topik berkaitan
  • mazhab
  • tajdid kontemporer
Risalah

Previous Article
pemuda palestina
  • Akhbar Dauliyah

Remaja Palestina yang Ditembak Tentara Israel di Jenin Tewas

  • 04-07-2022
View Post
Next Article
Aljazair
  • Akhbar Dauliyah

Aljazair Memperingati 60 Tahun Kemerdekaan dengan Parade Militer

  • 05-07-2022
View Post
Anda Mungkin Juga Menyukai
Yusuf Qaradawi
View Post
  • Fiqih
  • Ibadah

Masalah Keluarnya Wanita untuk Melaksanakan Shalat Tarawih

syuro e1586319486600
View Post
  • Fiqih
  • Wasathiyah

Fatwa Para Imam Ahlus Sunnah tentang Musyarakah (Berpartisipasi) dalam Pemerintahan Zhalim dan Non-Islami

Kitab kitab Hadits
View Post
  • Fiqih

Kritik Objektif Atau Sentimen Afiliasi?

muslimah
View Post
  • Fiqih

Adab-adab dan Sunnah Hari Raya Id

pexels konevi 2236674
View Post
  • Fiqih
  • Fikrah

Mendirikan Jamaah Dakwah?

9 muslim prayer low res
View Post
  • Fiqih
  • Hadits

Umur Umat Islam Tidak Sampai 1500 Tahun?

Ibn Baz Utsaimin
View Post
  • Fiqih

Fatwa Tentang Dakwah Parlemen

pemuda palestina
View Post
  • Fiqih

Jihad di Palestina Bukan Jihad Syar’i?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk Anda Para Pembina Umat!
Trending
  • Bandara Ben Gurion 1
    • Akhbar Dauliyah
    Serangan Rudal dari Yaman ke Bandara Ben Gurion Tunda Kunjungan Presiden Siprus ke Israel
    • 04.05.25
  • erdogan2 2
    • Akhbar Dauliyah
    Presiden Erdoğan Gelar Pertemuan Virtual dengan Pemimpin AS, Arab Saudi, dan Suriah
    • 14-05-2025
  • MBS 3
    • Akhbar Dauliyah
    Gestur MBS Viral di Suriah Usai Pencabutan Sanksi AS
    • 15-05-2025
  • WhatsApp Image 2025 05 17 at 18.54.54 4
    • Akhbar Dauliyah
    Hanya 5 pemimpin Arab yang hadir di KTT Baghdad
    • 17.05.25
  • Israel 22525 5
    • Akhbar Dauliyah
    Dua Staf Kedutaan Besar Israel di Washington Tewas dalam Sebuah Aksi Penembakan
    • 22.05.25

Forum Dakwah & Tarbiyah Islamiyah adalah Perkumpulan yang didirikan untuk menggalakan kegiatan dakwah dan pembinaan kepada masyarakat secara jelas, utuh, dan menyeluruh.

Forum ini berupaya menyampaikan dakwah dan tarbiyah Islamiyah kepada masyarakat melalui berbagai macam kegiatan dakwah.

Kegiatan dakwah FDTI dilandasi keyakinan bahwa peningkatan iman dan taqwa tidak mungkin dapat terwujud kecuali dengan melakukan aktivitas nasyrul hidayah (penyebaran petunjuk agama), nasyrul fikrah (penyebaran pemahaman agama), dan amar ma’ruf nahi munkar (mengajak kepada kebaikan dan melarang kemungkaran).

Tag
Afghanistan Al-Aqsha Arab Saudi Arbain Nawawiyah covid-19 Erdogan Gaza hadits arbain Hamas hizbullah Ikhwanul Muslimin india Irak Iran Israel Kemenag Lebanon Ma'rifatul Islam materi khutbah jum'at materi tarbiyah Mesir Muhammadiyah MUI Nahdlatul Ulama Pakistan Palestina Penjajah Israel Persis pks Qatar qawaidud da'wah Ramadhan rasmul bayan Rusia Saudi Arabia sirah nabawiyah Sudan Suriah Taliban Tunisia Turki ushulud da'wah ushulul Islam Wasathiyah Yaman
Komentar Terbaru
  • Dedeh Kurniasih pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • Ta’wil Sifat Allah Menurut Salaf - Rosail Store pada Salaf dan Takwil Sifat-sifat Allah
  • Risalah pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • Cahyo three pada Al-Mukhtashar fi Tafsir Al-Qur’anul Karim: QS. Al-Baqarah ayat 21-27
  • SYAHBUDIN HASYIM pada Downlod Gratis: 30 Materi Ceramah Ramadhan!
  • Risalah pada Mukadimah Sirah Nabawiyah
Menebar Hidayah ISLAM
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat Ketentuan
  • Sitemap

Input your search keywords and press Enter.